Senin, 17 Mei 2010

SMAN 1 Sarolangun Kian Diminati

SAROLANGUN, MS
MEMASUKI tahun ajaran baru ini, diyakini bakal banyak siswa-siswi tamatan sekolah menengah pertama di Kabupaten Sarolangun, Jambi, yang berminat menjadi siswa SMAN 1 Sarolangun. Perkiraan ini bukan tanpa sebab. Sejak dipimpin Yantoro, sekolah ini banyak menorehkan berbagai prestasi serta dapat dibilang salah satu barometer bagi sekolah-sekolah yang ada di Bumi “sepucuk adat serumpun pseko”.
Sebut saja di bidang olah raga dan seni misalnya. Di kedua kegiatan ini, SMAN 1 Sarolangun, boleh dibilang langganan juara. Sedangkan di bidang keterampilan, sekolah ini pernah menjadi juara tingkat nasional. Selain itu, siswa-siswi sekolah ini juga dikenal tertib dan disiplin.
Menurut Yantoro, pendidikan berarti binaan. Untuk membina siswa agar menjadi generasi yang cerdas dan santun, serta berkepribadian, perlu adanya ketegasan sikap dalam menjalankan aturan pendidikan. “Wujudkan keinginan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan, selaku tenaga pendidik kita harus siap melaksanakan tugas dan kewajiban secara arif dan bijaksana,” kata Yantoro.
Guru, lanjut Yantoro, digugu dan ditiru. Selain memberi pelajaran sesuai kurikulum, guru juga dituntut untuk bersikap dan berperilaku yang patut jadi panutan. Selain itu, peran orang tua serta lingkungan juga turut menentukan generasi yang dilahirkan benar-benar generasi yang pantas menjadi penerus kemajuan bangsa atau bukan.
Kepala Dinas Pendidikan Hefnizen, menerangkan dia bersama Bupati H Hasan Basri Agus (HBA), sudah beberapa kali berkunjung ke SMAN 1 Sarolangun. Hefnizen sangat yakin akan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpin Yantoro itu. Sekolah itu, kata Hefnizen telah banyak mencapai keberhasilan yang membawa nama baik daerah.
“Beberapa siswa sekolah itu sudah diakui nasional dalam berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Selain itu dari bidang keterampilan dan olahraga sekolah ini juga diakui,” kata Hefnizen. “SMAN 1 Sarolangun sudah mencapai target program pemerintah dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Sarolangun.” (Arpandi)

0 komentar:

© 2008 Por *Templates para Você*